Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Berdirinya Kampus ITS Surabaya

Sejarah Berdirinya Kampus ITS Surabaya - Jika mendengar nama kampus ITS maka akan langsung ingat dimana kampus ini berada yakni Surabaya. ITS merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Surabaya. 


ITS atau Institut Teknologi Sepuluh November ini merupakan salah satu kampus yang sudah lama berdiri. Walaupun sudah lama ada namun tetap saja ada yang banyak salah terjemah nama. Yakni Institut Teknologi Surabaya padahal yang benar adalah Institut Teknologi Sepuluh November. 



Sejarah Berdirinya ITS

ITS pertama kali digagas oleh Ir. Soendjasmono yang  mana beliau merupakan wakil PII Jawa Timur. PII merupakan Persatuan Insinyur  Indonesia. Ide mendirikan perguran teknik di Jawa Timur ini beliau sampaikan pada saat konferensi PII di Bogor tahun 1954.


Pada tanggal 17 Agustus 1957 terjadi pengusulan pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) di Surabaya oleh dr. Angka pada Lustrum I PII Jawa Timur. Tepat pada 10 November 1957 yayasan tersebut diresmikan oleh Presiden Soekarno dengan menandatangani Piagam Perguruan Teknik 10 Nopember Surabaya. Pada saat berdiri ITS baru mempunyai dua departemen yang dibuka yakni Departemen Teknik Mesin dan Departemen Teknik Sipil.


Pada tanggal 3 November 1960 terjadi perubahan nama dan berganti menjadi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).  Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berstatus Perguruan Tinggi Negeri berdasar SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No. 93367/UU.


Pada tahun 1961 sesuai dengan SK Menteri no. 72 tahun 1961, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi menjadi Perguruan Tinggi. Diesnatalis pertama berdasar SK Menteri no. 9 tahun 1961 jatuh pada tanggal 10 November. Setelah perubahan status ini, ITS menambah fakultasnya menjadi lima fakultas, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Teknik Perkapalan.

Kampus yang berdiri di atas lahan 180 hektare ini merupakan salah satu kampus favorit di Indonesia. Terkenal dengan dunia teknik dan sains yang maju dan mampu mencetak alumni yang berkopetensi di bidangnya.