Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran Online, Alternatif Yang Kurang Efektif

Pembelajaran Online, Alternatif Yang Kurang Efektif - "Belajar dirumah lewat online itu enak ya, dirumah saja kita bisa belajar... " Sebuah kalimat yang mungkin terbesit dipikiran ketika orang belum paham betul tentang metode pembelajaran online. Maklum saja, karena orang yang berkata demikian tidak mengerti tidak nyamannya belajar online tersebut.


Pendidikan via online merupakan metode pembelajaran yang dapat dilakukan ketika terjadi hal yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka langsung. Atau juga adanya pembelajaran via online ini memang sudah dirancang sedemikian rupa dari pihak sekolah atau kampus yang mana tujuannya agar siswa atau mahasiswa dapat melakukan hal lain selain belajar. Misalnya kerja sambil kuliah. 



Namun pada kenyataannya pendidikan dengan model serba online ini apakah efektif ? Bisa efektif dan juga bisa tidak efektif. Ada beberapa alasan mengapa jawabannya demikian. Ada plus dan minusnya. Namun menurut saya pribadi lebih banyak minusnya. Mengapa demikian ? Simak alasannya di bawah ini


Belajar Kurang Fokus

Ada saja aktifitas yang kurang mendukung untuk belajar online. Misalnya aktifitas lain di rumah yang tanpa sadar menjadikan belajar kurang fokus. Misalnya saja bermain gadget atau game. Hal ini bisa saja dilakukan seorang siswa atau yang sedang melakukan belajar online karena belajar tanpa adanya pengawasan guru atau orang tua. 


Fasilitas Kurang Memadai

Tidak semua kondisi ekonomi setiap siswa itu sama. Mungkin bagi yang memiliki keluarga berkecukupan untuk memiliki gadget yang mendukung pendidikan online. Tapi bagi dengan para pelajar yang memiliki keterbatasan dalam hal fasilitas. Jangankan laptop, handphone saja terkadang harus meminjam kepada orang lain. 


Koneksi Internet

Kalau tinggal dikota mungkin terkait koneksi internet tidak menjadi masalah. Karena kebanyakan memang sinyal bagus. Apalagi jika sudah memiliki koneksi internet pribadi berupa wifi. Maka belajar online tidak akan menjadi masalah. Namun lain ceritanya dengan mereka yang tinggal di daerah yang sinyal kurang stabil, bukan kurang stabil, tetapi sinyal tidak ada. 


Tugas Menumpuk

Tugas dari satu guru belum diselesaikan muncul lagi tugas dari guru yang lainnya. Akibatnya tugas menumpuk tidak karuan. Tentu hal ini akan mempengaruhi kondisi siswa. Bukan tugas yang selesai namun malah membuat siswa bingung karena tertalu banyak tugas yang diberikan. Kecuali tugas siswa tersebut jumlah tidak terlalu banyak, mungkin siswa dapat mengerjakan dengan baik. 


Tidak Perlu Tatap Muka

Memang kelebihan dari pembelajaran sistem online ini pengajar dan pelajar tidak perlu bertatap muka. Pelajar bisa belajar dan juga sambil bekerja misalnya. Namun tetap saja ada minusnya yakni kurang efektif karena faktor-faktor tertentu. Misalnya faktor yang sudah dijelaskan di atas.